SOAL-SOAL PILIHAN GANDA |
1. Salah satu ciri khusus manusia sebagai citra Allah adalah bahwa manusia
memiliki ….
A.
akal budi
B. tanggung jawab
C. toleransi
D. sikap setia kawan
2. Bacalah kutipan teks Matius 25 : 14 – 30
berikut !
"Sebab hal Kerajaan Sorga sama seperti seorang yang mau bepergian
ke luar negeri, yang memanggil hamba-hambanya dan mempercayakan hartanya
kepada mereka. Yang seorang diberikannya lima talenta, yang seorang lagi dua
dan yang seorang lain lagi satu, masing-masing menurut kesanggupannya, lalu
ia berangkat. Segera pergilah hamba yang menerima lima talenta itu. Ia
menjalankan uang itu lalu beroleh laba lima talenta. Hamba yang menerima dua
talenta itupun berbuat demikian juga dan berlaba dua talenta. Tetapi hamba
yang menerima satu talenta itu pergi dan menggali lobang di dalam tanah lalu
menyembunyikan uang tuannya. Lama sesudah itu pulanglah tuan hamba-hamba itu
lalu mengadakan perhitungan dengan mereka. Hamba yang menerima lima talenta
itu datang dan ia membawa laba lima talenta, katanya: Tuan, lima talenta tuan
percayakan kepadaku; lihat, aku telah beroleh laba lima talenta. Maka kata
tuannya itu kepadanya: Baik sekali perbuatanmu itu, hai hambaku yang baik dan
setia; engkau telah setia dalam perkara kecil, aku akan memberikan kepadamu
tanggung jawab dalam perkara yang besar. Masuklah dan turutlah dalam
kebahagiaan tuanmu. Lalu datanglah hamba yang menerima dua talenta itu,
katanya: Tuan, dua talenta tuan percayakan kepadaku; lihat, aku telah beroleh
laba dua talenta. Maka kata tuannya itu kepadanya: Baik sekali perbuatanmu
itu, hai hambaku yang baik dan setia, engkau telah setia memikul tanggung
jawab dalam perkara yang kecil, aku akan memberikan kepadamu tanggung jawab
dalam perkara yang besar. Masuklah dan turutlah dalam kebahagiaan tuanmu. Kini
datanglah juga hamba yang menerima satu talenta itu dan berkata: Tuan, aku
tahu bahwa tuan adalah manusia yang kejam yang menuai di tempat di mana tuan
tidak menabur dan yang memungut dari tempat di mana tuan tidak menanam. Karena
itu aku takut dan pergi menyembunyikan talenta tuan itu di dalam tanah: Ini,
terimalah kepunyaan tuan! Maka jawab tuannya itu: Hai kamu, hamba yang jahat
dan malas, jadi kamu sudah tahu, bahwa aku menuai di tempat di mana aku tidak
menabur dan memungut dari tempat di mana aku tidak menanam? Karena itu
sudahlah seharusnya uangku itu kauberikan kepada orang yang menjalankan uang,
supaya sekembaliku aku menerimanya serta dengan bunganya. Sebab itu ambillah
talenta itu dari padanya dan berikanlah kepada orang yang mempunyai sepuluh
talenta itu. Karena setiap orang yang mempunyai, kepadanya akan diberi,
sehingga ia berkelimpahan. Tetapi siapa yang tidak mempunyai, apapun juga
yang ada padanya akan diambil dari padanya. Dan campakkanlah hamba yang tidak
berguna itu ke dalam kegelapan yang paling gelap. Di sanalah akan terdapat
ratap dan kertak gigi." |
Dari kutipan teks di atas sikap yang dapat kita contoh dalam mengembangkan
talenta dan kemampuan adalah ....
A.
sikap dari hamba yang pertama dan ketiga
B. sikap dari hamba yang pertama dan
kedua
C. sikap
dari hamba yang kedua dan ketiga
D. sikap
dari hamba yang ketiga
3. Mengembangkan talenta dan kemampuan
diperlukan disiplin yang tinggi dan rasa tanggung jawab yang besar. Supaya hasil
yang kita capai bisa maksimal, maka yang seharusnya
kita lakukan adalah ....
A.
berjuang menuju sempurna.
B.
cepat puas dan membanggakan diri kita.
C.
merasa bangga namun tetap rendah hati.
D. berusaha dengan
sungguh-sungguh mewujudkan impian kita
4.
Dalam kedudukannya sebagai citra Allah
semestinya manusia melakukan sesuatu yang konkret, dalam lingkup tertentu di
mana manusia hidup. Di antara tindakan
berikut ini yang mampu menunjukkan contoh perwujudan syukur kita sebagai citra
Allah dalam kegiatan di sekolah adalah...
A. membantu pekerjaan orang tua
B. menghormati keberadaan orang tua
C. ikut dalam kerja bakti kegiatan
kampung
D. menjalankan dan mentaati tata tertib sekolah.
5.
Perhatikan gambar di bawah ini!
Gambar di atas menunjukkan pembiasaan pengembangan diri
sebagai laki – laki dan perempuan dalam hidup sehari-hari di keluarga. Tindakan yang perlu dikembangkan sebagai wujud kasih dalam keluarga berdasarkan gambar di atas adalah
….
A. saling membantu dalam pekerjaan rumah tangga
B. anak
laki – laki dipaksa membantu ibunya
C. mencuci baju pekerjaan rutin
perempuan
D. anak
dipaksa untuk membantu mencuci
6. Bacalah kutipan teks Katekismus Gereja Katolik Artikel 2342 berikut !
Katekismus
Gereja Katolik Artikel 2342 Memperoleh
pengendalian diri adalah satu tugas yang membutuhkan waktu. Kita tidak boleh
berpendapat bahwa kita telah memperolehnya untuk selama-lamanya. Kita harus selalu berusaha
terus-menerus dalam segala situasi kehidupan. Dalam bagian kehidupan tertentu,
ketika kepribadian dibentuk, ia menuntut satu usaha khusus, misalnya dalam
masa kanak-kanak dan dalam masa muda. |
Belajar dari dokumen
katekismus Gereja Katolik tersebut, maka
tindakan di bawah ini yang menunjukan pengembangan diri sebagai manusia laki –
laki dan perempuan adalah ....
A.
anak
laki – laki dalam keluarga harus mampu menjaga adik – adiknya
B.
pekerjaan rumah tangga sehari hari didominasi
Ibu dan anak perempuan dalam keluarga
C.
baik
anak laki – laki dan perempuan diberi tugas untuk membantu pekerjaan rumah
tangga sesuai kemampuan mereka
D.
tugas sebagai anak perempuan dalam rumah
tangga adalah membantu Ibu memasak di dapur
7.
Bacalah kutipan
teks berikut !
Raras memilih
menggunakan sepeda ke sekolah, meskipun orangtuanya bisa mengantarnya ke sekolah. Ia menyadari bahwa bersepeda
menjadi salah satu sarana untuk hidup sehat, bukan sekedar ikut-ikutan teman.
Sedangkan kakaknya Raras yaitu Budi,
tetap memilih diantar orang tuanya karena bisa bangun lebih siang dan tidak capek. Raras mampu mengembangkan diri sebagai pribadi yang berkualitas di
lingkungan hidupnya. |
Salah satu
unsur yang menghambat pengembangan diri untuk terwujudnya hidup
berkualitas adalah....
A.
menjaga kesehatan pribadi
B. menikmati
hidup dengan rasa syukur
C.
memilih
yang enak untuk diri sendiri tanpa memikirkan keadaan orang lain
D. berjuang
untuk hidup yang lebih baik baik untuk diri maupun orang lain
8.
Bacalah kutipan
teks Dokumen Konsili Vatikan II tentang
Pendidikan Kristen (Gravissimum Educationis ) artikel 3 berikut !
Artikel
3 Karena orang tua telah
menyalurkan kehidupan kepada anak-anak, terikat kewajiban amat berat untuk
mendidik anak mereka. Maka orang tualah yang harus diakui sebagai pendidik
mereka yang pertama dan utama. Begitu pentinglah tugas mendidik itu, sehingga
bila diabaikan, sangat sukar pula dapat dilengkapi. Sebab merupakan kewajiban
orang tua: menciptakan lingkungan keluarga, yang diliputi semangat bakti
kepada Allah dan kasih sayang terhadap sesama sedemikian rupa, sehingga
menunjang keutuhan pendidikan pribadi dan sosial anak-anak mereka. Maka
keluarga itulah lingkungan pendidikan pertama keutamaan-keutamaan sosial,
yang dibutuhkan oleh setiap masyarakat. Adapun terutama dalam keluaraga
kristen, yang diperkaya dengan rahmat serta kewajiban Sakramen Perkawinan, anak-anak
sudah sejak dini harus diajar mengenal Allah serta berbakti kepada- Nya dan
mengasihi sesama, seturut iman yang telah mereka terima dalam Baptis.
Disitulah anak-anak menemukan pengalaman pertama masyarakat manusia yang
sehat serta Gereja. Melalui keluargalah akhirnya mereka lambat-laun diajak
berintegrasi dalam masyarakat manusia dan umat Allah. Maka hendaklah para
orang tua menyadari, betapa pentinglah keluarga yang sungguh kristen untuk
kehidupan dan kemajuan umat Allah sendiri. . |
Berdasarkan teks ini maka contoh kewajiban orang tua mendidik iman anak anaknya dalam kehidupan sehari – hari adalah....
A. Pak Rudi
selalu menyempatkan untuk mengantar kedua putrinya berangkat menuju sekolah
B. Bu Novi
membelikan sepeda baru untuk Dian putri kesayangannya ketika berhasil naik
kelas dengan prestasi yang gemilang
C.
Bu
Veni setiap malam sebelum mendongengkan cerita Kitab Suci kepada Jalu puteranya
dan selalu mengajaknya berdoa sebelum tidur.
D. Pak Herman
mengajari David puteranya bagaimana menata barang dagangan di tokonya agar semakin
menarik banyak pembeli.
9.
Bacalah cerita berikut !
Pada hari Minggu Andi bertugas sebagai putra-putri
altar bersama dengan teman – temannya. Mereka melaksanakan tugasnya dengan
baik dalam perayaan Ekaristi.. |
Manfaat yang bisa diperoleh dengan melaksanakan tugas pelayanan tersebut
adalah....
A.
mengembangkan iman
B. meningkatkan pelayanan mengereja
C. menjadi saksi iman
D. memahami ajaran gereja
10. Bacalah dokumen berikut !
Konstitusi
Pastoral tentang Gereja di Dunia Dewasa Ini (Gaudium et Spes) Artikel 25 Dari
sifat sosial manusia tampaklah, bahwa pertumbuhan pribadi manusia dan
perkembangan masyarakat sendiri saling tergantung. Sebab asas, subjek dan
tujuan semua lembaga sosial ialah dan memang seharusnyalah pribadi manusia;
berdasarkan kodratnya ia sungguh-sungguh memerlukan hidup kemasyarakatan.
Maka karena bagi manusia hidup kemasyrakatan itu bukanlah suatu tambahan
melulu, oleh karena itu melalui pergaulan dengan sesama, dengan saling
berjasa, melalui dialog dengan sesama saudara, manusia berkembang dalam
segala bakat-pembawaannya, dan mampu menanggapi panggilannya |
Berdasar dokumen di atas, di bawah ini yang menjadi contoh pengaruh
masyarakat bagi perkembangan diri. adalah....
A.
anak anak di Desa Sumbermulyo
membiasakan belajar di jam 19.00 – 21.00 sesuai anjuran Jam Belajar Masyarakat
dari kepala desa.
B.
Ibu Anjar menanam
tanaman obat di halaman rumahnya sebagai pemanfaatan lahan pekarangan yang
kosong
C.
Laksmi dan Embun
mengikuti latihan tari setiap Senin sore di balai desa.
D.
Pak Herman dan Pak
Joko memasang pengumuman jadwal ronda di gardu desa.
11.
Bacalah kuipan Kitab Sirakh.6 : 5 – 17 berikut !
Tenggorokan yang
manis mendapat banyak sahabat, dan keramahan diperbanyak oleh lidah yang
manis lembut. Mudah – mudahan orang yang damai denganmu banyak adanya, tetapi
hanya satu dari seribu hendaknya menjadi penasehatmu. Jika engkau mau
mendapat banyak sahabat, kajilah dia terlebih dahulu,dan jangan percaya
padanya. Sebab ada orang yang bersahabat hanya menurut ketikanya sendiri,
tetapi pada hari kesukaranmu tidak bertahan. “ Ada juga sahabat yang berubah,
menjadi musuh, lalu menceritakan persengketaaanuntuk menistakan dikau. Ada
lagi sahabat yang ikut dalam perjamuan makan,tetapi tidak bertahan pada hari
kesukaranmu. Pada waktu engkau sejahtera ia adalah seperti engkau sendiri,
dan lancang berbicara denagn seisi rumahmu. Tetapi bila engkau mundur maka ia
berbalik melawan dikau serta menyembunyikan diri dari para musuhmu, tetapi
berhati – hatilah terhadap sahabatmu. Sahabat setiawan merupakan perlindungan yang kokoh,
barangsiapa menemukan orang serupa itu sungguh
mendapat harta. Sahabat setiawan tiada ternilai, dan
harganya tidak ada tertimbang. Sahabat setiawan adalah obat kehidupan,
orang yang takut akan Tuhan memperolehnya. Orang yang taku akan Tuhan memelihara persahabatan dengan lurus hati,
sebab seperti ia sendiri demikian pun temannya. |
Makna persahabatan yang sesuai dengan kutipan teks Kitab
Suci di atas adalah....
- A. menjadi
tempat bermain
- B. ada saat
kita sedang bahagia
- C. setia saat suka dan duka
- D. ikut
dalam kelompok belajar
1.
berlaku seenaknya sendiri
2.
pulang larut malam saat berpacaran
3.
kurang menghargai nasihat orang tua
- menaati
norma agama dan norma masyarakat
- tetap bersahabat dengan teman lain dan tidak hanya meluangkan waktu
berdua saja
Diantara perilaku tersebut di atas
yang merupakan perilaku pacaran yang
sehat
adalah
A.
4
dan 5
B.
2 dan 3
C.
1 dan 5
D.
2 ,dan 4
13.
Bacalah kuipan
Kitab Kejadian.2 : 18 berikut !
TUHAN Allah
berfirman: "Tidak baik, kalau manusia itu seorang diri saja. Aku akan
menjadikan penolong baginya, yang sepadan dengan dia." |
Dalam Kitab Suci Kej 2: 18 disebutkan bahwa Tuhan menghendaki penolong bagi
manusia laki – laki maka Tuhan menciptakan penolong yang sepadan dengan dia. Arti sepadan menurut
teks tersebut adalah….
A.
setipe
B.
sepadan
C.
sederajat.
D.
seimbang
14. Berikut ini yang menunjukan ciri kemanusiaan Yesus adalah ...
A. Yesus dapat mewartakan kerajaan Allah.
B.
Yesus memiliki silsilah keturunan
dan dilahirkan.
C. Yesus meolong orang yang menderita.
D. Yesus menyembuhkan orang yang sakit.
15. “Allah sekarang sudah meraja secara hukum, sedangkan pada akhir jaman Allah menyatakan
kekuasaan-Nya sebagai Raja semesta alam dengan menghakimi seluruh bangsa”.
Pernyataan tersebut merupakan paham Kerajaan Allah yang bersifat ... .
A. politis
B. kristologis
C. apokaliptis
D.
yuridis-relegius
16. Penyampaian pesan dengan menggunakan bahasa imajinatif, kiasan simbolis,
atau perbandingan adalah
salah satu cara yang digunakan Yesus dalam
mewartakan Kerajaan
Allah. Terkait dengan pernyataan tersebut,
Yesus
mewartakan Kerajaan Allah
melalui ... .
A. peribahasa
B.
perumpamaan
C. tindakan dan mukjijat
D. peribahasa dan perumpamaan
17. Perhatikan kutipan teks Markus 15:19 – 20b berikut ini:
“Mereka memukul kepala-Nya dengan buluh, dan meludahinya dan berlutut
menyembah-Nya. Sesudah mengolok-olokkan Dia, mereka menanggalkan jubah ungu
itu dari pada-Nya dan mengenakan pula pakaian-Nya kepada-Nya. Kemudian Yesus
dibawa ke luar untuk disalibkan”
|
Sikap Yesus dalam menghadapi
penderitaan-Nya adalah ... .
A.
tetap tabah dan berani menghadapi
resiko tugas-Nya
B. diam termenung tanpa melawan
C. berpasrah pada Bapa-Nya
D. menghindari penderitaan
18.
Perhatikan teks Kis 2: 1 - 13 berikut !
Ketika tiba hari
Pentakosta, semua orang percaya berkumpul di satu tempat. Tiba-tiba turunlah
dari langit suatu bunyi seperti tiupan angin keras yang memenuhi seluruh
rumah, di mana mereka duduk; dan tampaklah kepada mereka lidah-lidah seperti
nyala api yang bertebaran dan hinggap pada mereka masing-masing. Maka
penuhlah mereka dengan Roh Kudus, lalu mereka mulai berkata-kata dalam
bahasa-bahasa lain, seperti yang diberikan oleh Roh itu kepada mereka untuk
mengatakannya. Waktu itu di Yerusalem diam orang-orang Yahudi yang saleh dari
segala bangsa di bawah kolong langit. Ketika turun bunyi itu, berkerumunlah
orang banyak. Mereka bingung karena mereka masing-masing mendengar
rasul-rasul itu berkata-kata dalam bahasa mereka sendiri. |
Peranan Roh
Kudus bagi para murid Yesus berdasarkan
kutipan teks Kitab Suci di atas adalah ... .
A.
berani keluar dari persembunyian dan berani membuka pintu
B.
dapat merayakan hari raya Pentakosta dengan
gembira
C.
mempersatukan
semua orang dari berbagai bangsa
D.
dapat menyaksikan tanda keagungan dan kuasa Allah
19.
Salah satu karunia Roh Kudus adalah karunia untuk menilai dan mengatur segala sesuatu sesuai dengan norma Ilahi dan
dengan kewajaran yang memancar dari persatuan
kasihnya dengan Tuhan. Hal tersebut
merupakan karunia .... .
- A. kebijaksanaan
- B.
pengenalan
- C.
pengertian
- D.
nasihat
20. Perhatikan gambar
berikut ini:
kehidupan sehari-hari di sekolah yakni
... .
A.
mengerjakan tugas untuk teman
B.
hormat terhadap seluruh warga sekolah
C.
lebih menghormati guru yang menjadi wali
kelas
D.
memberi
semangat kepada teman yang menghadapi masalah
21. Bacalah kutipan teks Kitab Suci Matius 18:21-22!
“Kemudian datanglah Petrus dan berkata kepada
Yesus: "Tuhan, sampai berapa kali aku harus mengampuni saudaraku jika ia
berbuat dosa terhadap aku? Sampai tujuh kali?" Yesus berkata kepadanya: "Bukan! Aku berkata kepadamu: Bukan
sampai tujuh kali, melainkan sampai tujuh puluh kali tujuh kali.” |
Sikap pengampunan yang dapat dilakukan oleh remaja dalam kehidupan
sehari-hari berdasarkan kutipan teks Kitab Suci tersebut adalah … .
A. berani
mengakui kesalahan
B. berani meminta maaf karena tidak menepati
janji.
C. memaafkan kesalahan teman karena takut dijauhi
D. memaafkan kesalahan teman
meskipun telah beberapa kali disakiti.
22. Perhatikan kutipan Lukas 10:1 – 12 berikut:
“Kemudian daripada itu Tuhan menunjuk tujuh puluh murid yang lain, lalu
mengutus mereka berdua-dua mendahului-Nya ke setiap kota dan tempat yang
hendak dikunjungi-Nya. Katanya kepada mereka:”Tuaian memang banyak, tetapi
pekerja sedikit. Karena itu mintalah kepada Tuan yang empunya tuaian, supaya
Ia mengirimkan pekerja-pekerja untuk tuaian itu. Pergilah, sesungguhnya Aku
mengutus kamu seperti anak domba ke tengah serigala. Janganlah membawa
pundi-pundi atau bekal atau kasut, dan janganlah memberi salam kepada
siapapun selama dalam perjalanan. Kalau kamu memasuki rumah, katakanlah lebih
dahulu: Damai sejahtera bagi rumah ini. Dan jikalau di situ ada orang yang
layak menerima damai sejahtera,maka salammu itu akan tinggal atasnya. Tetapi
jika tidak, salammu itu akan kembali kepadamu. Tinggallah dalam rumah itu,
makan dan minumlah apa yang diberikan orang kepadamu, sebab seorang pekerja
patut mendapat upahnya. Janganlah berpindah-pindah. Dan jikalau kamu masuk ke
sebuah kota dan kamu diterima di situ, makanlah apa yang dihidangkan
kepadamu. Dan sembuhkanlah orang-orang sakit yang ada di situ dan katakanlah
kepada mereka: Kerajaan Allah sudah dekat padamu. Tetapi jikalau kamu masuk
ke dalam sebuah kota dan kamu tidak diterima di situ, pergilah ke jalan-jalan
raya kota itu dan serukanlah: Juga debu kotamu yang melekat pada kaki kami,
kami kebaskan di depanmu; tetapi ketahuilah ini: Kerajaan Allah sudah dekat.
Aku berkata kepadamu: pada hari itu Sodom akan lebih ringan tanggungannya
dari pada kota itu” |
Berdasarkan kutipan tersebut
di atas tugas perutusan sebagai murid Yesus
adalah ... .
A.
mewartakan kabar gembira tentang
Kerajaan Allah
B. mewartakan karya penyembuhan
C. pergi ke seluruh penjuru dunia
D. menyembuhkan orang sakit
23. Anggota Gereja yang bertugas
di bidang pelayanan rohani dan menguduskan
Gereja melalui
perayaan-perayaan sakramen adalah ... .
A. kaum Awam
B. kaum hidup bakti
C.
kaum klerus/Tahbisan
D. pengurus Dewan paroki
24. Gereja menjadi perwujudan kehendak Allah yang
Maha Kudus untuk bersatu dengan manusia dan mempersatukan manusia dalam
kekudusan-Nya. Pernyataan tersebut merupakan salah satu ciri Gereja. Salah satu
ciri tersebut adalah... .
A. satu
B.
kudus
C. Katolik
D. apostolik
25. Perhatikan gambar di bawah ini:
Gambar di atas menunjukkan
keterlibatan para prodiakon dalam membantu
para Imam khususnya dalam bidang ... .
A.
liturgia
B. diakonia
C. kerygma
D. koinonia
26. Perhatikan kutipan Lumen Gentium Artikel 1 berikut:
“Terang para bangsalah Kristus itu, maka Konsili
suci ini, yang terhimpun dalam Roh Kudus, ingin sekali menerangi semua orang
dengan cahaya Kristus, yang bersinar pada wajah Gereja, dengan mewartakan
Injil kepada semua makhluk ( lih Mrk 16:15). Namun, Gereja itu dalam Kristus
bagaikan sakramen, yakni tanda dan sarana persatuan mesra dengan Allah dan
kesatuan seluruh umat manusia. Maka dari itu, menganut ajaran konsili-konsili
sebelum ini, Gereja bermaksud menyatakan dengan lebih cermat kepada umatnya
yang beriman dan kepada seluruh dunia, manakah hakikat dan perutusannya bagi
semua orang. Keadaan jaman sekarang lebih mendesak Gereja untuk menunaikan
tugas itu, yakni supaya semua orang, yang dewasa ini tergabungkan secara
lebih erat berkat berbagai hubungan sosial, teknis dan budaya, memperoleh
kesatuan sepenuhnya dalam Kristus”. |
Berdasarkan kutipan di atas, kita dapat menunjukkan pemahaman kita dan
mewujudkannya dalam tindakan sebagai berikut ... .
A. membantu teman yang memberi imbalan
B. menghindari teman yang suka mengganggu orang lain
C.
berteman dengan semua teman tanpa
membeda-bedakan
D. membentuk kelompok eksklusif yang disegani banyak orang
27. Perhatikan gambar di bawah ini!
Makna dari simbol keselamatan dalam Sakramen Baptis
terdapat pada gambar di atas adalah … .
A.
membersihkan dosa-dosa
B. memberi kesegaran
C. memuaskan dahaga
D. memberi kehidupan
28. Dalam mengikuti perayaan Ekaristi, ada beberapa
sikap tubuh/badan saat berdoa. Sikap tubuh ini antara lain adalah duduk,
berdiri, dan berlutut. Setiap sikap badan mempunyai makna-makna tertentu yang kita hayati. Pada saat Injil dibacakan, maka
sikap tubuh yang tepat adalah….
A. duduk
B.
berdiri
C. berlutut
D. menunduk
29. Baca cerita berikut dengan seksama!
Sadar akan Kesalahan Seorang pria muda secara rahasia mengorupsi beberapa ratus dolar dari
tempat kerjanya. Ketika hal itu diketahui, atasannya memanggilnya. Pria muda
itu segera tahu bahwa ia pasti dipecat dan dikirim ke penjara. Atasannya
bertanya kepada pria muda itu, apakah ia merasa bersalah. Ia menjawab ya.
Hati nuraninya mengatakan juga bahwa ia salah. Kemudian pimpinan mengejutkan
dia dengan berkata: “Jika engkau tetap saya pertahankan pada kedudukanmu,
bisakah saya mempercayaimu di masa depan?” “Tentu, pak! Saya sudah mendapat pelajaran dari semua ini”. jawab pria
muda yang kaget itu. Atasan tersebut pasti sudah melihat kejujuran pria muda yang bertobat
itu. “Saya tidak akan mendakwa kamu
dan kamu bisa terus bekerja seperti biasa”, katanya. Kemudian dia
menambahkan, “Meski demikian, kamu harus tahu bahwa kamu adalah orang kedua
dalam perusahaan ini yang jatuh dalam cobaan untuk berkorupsi, tetapi diberi
pengampunan. Sayalah orang yang pertama. Hal yang baru kamu lakukan itu
dahulu telah saya lakukan juga. Pengampunan yang kamu terima sekarang ini
dahulu juga saya terima. Hanya rahmat Allahlah yang melindungi kita berdua” |
Makna pertobatan menurut cerita di atas adalah….
A. mengalami pemulihan hubungan antara manusia dengan Allah
B. mengakui segala kesalahan di hadapan Imam dan mau memperbaiki kembali hidup
yang telah rusak
C. terbebas dari kuasa kegelapan dan godaan yang disebabkan pengaruh
lingkungan yang tidak sehat
D.
meninggalkan cara hidup lama yang
penuh dengan dosa menjadi manusia baru yang penuh dengan rahmat Allah
30. Kesadaran manusia akan karya Allah yang menyelamatkan telah mendorong
manusia untuk menanggapi kasih Allah tersebut. Salah satunya adalah dengan
beragama. Adapun alasan manusia beragama adalah meneguhkan tata nilai, artinya…
A. beragama mengantarkan manusia pada pemahaman akan surga bagi orang baik
dan neraka bagi orang jahat
B.
segala nilai yang baik dan benar
dihayati sebagai kehendak Allah, yang jahat dan salah dianggap berlawanan
dengan kehendak Allah
C. beragama menjadikan manusia memperoleh perlindungan dari kekuatan lain
yang jauh lebih hebat dibanding kekuatan manusia
D. dengan beragama manusia menemukan jawaban atas persoalan-persoalan hidup
yang sulit dipecahkan
31. Pernyataan berikut yang merupakan pengertian aspek penyerahan iman dalam
beriman Kristiani adalah…
A. pengalaman yang dihayati sebagai kebaikan Allah pada manusia
B.
tanggapan atas wahyu Allah yang
telah berkarya
C. perwujudan iman sesuai dengan teladan Yesus Kristus
D. mengimani Yesus sebagai penyelamat manusia
32. Konsekuensi dari orang yang sudah dibaptis adalah ikut ambil bagian dalam
tugas Kristus sebagai Raja, Nabi, dan Imam. Contoh perwujudan tugas Kristus
sebagai imam adalah…
A.
rajin mengikuti perayaan Ekaristi
B. memimpin perayaan Ekaristi
C. menjadi lektor di gereja
D. memimpin doa rosario
33. Baca kutipan teks Kitab Suci berikut!
Matius 22:15-22 Kemudian pergilah orang-orang Farisi; mereka berunding bagaimana mereka
dapat menjerat Yesus dengan suatu pertanyaan. Mereka menyuruh murid-murid
mereka bersama-sama orang-orang Herodian bertanya kepada-Nya: “Guru, kami
tahu, Engkau adalah seorang yang jujur dan dengan jujur mengajar jalan Allah dan Engkau tidak takut
kepada siapapun juga, sebab Engkau tidak mencari muka. Katakanlah kepada kami
pendapat-Mu: Apakah diperbolehkan membayar pajak kepada Kaisar atau tidak?”.
Tetapi Yesus mengetahui kejahatan hati mereka itu lalu berkata: “Mengapakah
kamu mencobai Aku, hai orang-orang munafik?” Tunjukkkanlah kepada-Ku mata
uang untuk pajak itu”. Mereka membawa suatu dinar kepada-Nya. Maka Ia
bertanya kepada mereka: “Gambar dan tulisan siapakah ini?” Jawab mereka:
“Gambar dan tulisan Kaisar”. Lalu kata Yesus kepada mereka: “Berikanlah
kepada Kaisar apa yang wajib kamu berikan kepada Kaisar dan kepada Allah apa
yang wajib kamu berikan kepada Allah”. Mendengar itu heranlah mereka dan
meninggalkan Yesus lalu pergi. |
Kutipan di atas mengajak agar setiap warga negara membayar pajak kepada
kaisar sebagai wujud tanggung jawabnya sebagai warga negara. Sebagai pelajar
yang juga anggota masyarakat pun memiliki kewajiban yang perlu dilakukan,
yaitu….
A. mensejahterakan warga masyarakat yang kurang beruntung
B.
ikut menciptakan situasi yang aman
dan damai dalam masyarakat
C. mengunjungi dan memberi bantuan kepada panti asuhan yang dikelola yayasan
Katolik
D. mentaati setiap aturan yang ada supaya mendapat tempat nyaman dalam mayarakat
34. Contoh usaha yang dapat dilakukan untuk memperjuangkan kejujuran di
lingkungan sekolah adalah ... .
A. bersikap jujur dalam situasi tertentu
B. mengembalikan barang teman yang dipinjam .
C.
membayar barang / jajanan di koperasi sesuai harga
D. mengerjakan soal ujian dengan melihat milik teman.
35. Contoh tindakan menghargai teman yang sedang berpuasa di sekolah adalah …
.
A. membersihkan mushola sekolah
B.
makan dan minum di tempat yang
sudah disediakan
C. mengerjakan tugas-tugas sekolah
D. menunjukkan sikap hormat dan peduli
36.
Baca Nostra Aetate Art. 2 berikut!
“Gereja Katolik
tidak menolak apapun, yang dalam agama-agama itu serba benar dan suci. Dengan
sikap hormat yang tulus Gereja merenungkan cara-cara bertindak dan hidup,
kaidah-kaidah serta ajaran-ajaran, yang memang dalam banyak hal berbeda dari
apa yang diyakini dan diajarkannya sendiri, tetapi tidak jarang toh memantulkan
sinar kebenaran, yang menerangi semua orang. Namun, Gereja tiada hentinya
mewartakan dan wajib mewartakan Kristus, yakni “Jalan, kebenaran, dan hidup”
(Lih. Yoh 14:6); dalam Dia manusia menemukan kepenuhan hidup keagamaan, dalam
Dia pula Allah mendamaikan segala sesuatu dengan diri-Nya. Maka Gereja
mendorong para putranya, supaya dengan bijaksana dan penuh kasih, melalui
dialog dan kerja sama dengan para penganut agama-agama lain, saling memberi
kesaksian tentang iman serta hidup kristiani, mengakui, memelihara dan
mengembangkan kekayaan rohanindan moral serta nilai-nilai sosio budaya, yang
terdapat pada mereka. |
Berdasarkan
dokumen di atas, sikap Gereja Katolik terhadap agama dan kepercayaan lain
adalah...
A.
Gereja Katolik memberi kesempatan
seluas-luasnya kepada agama lain untuk berkembang di Indonesia
B.
Gereja Katolik mengajak semua agama yang ada
untuk bersatu padu membangun kerukunan dan kebersamaan
C. Gereja Katolik tidak menolak apapun
yang benar dan suci dalam agama-agama lain
D.
Gereja Katolik menghormati atribut-atribut
yang dipakai dan dipergunakan dalam ibadat agama lain
37.
Perhatikan gambar berikut!
Gambar
di atas merupakan satu contoh perusakan alam dengan membuang sampah di
sembarang tempat. Akibat yang ditimbulkan dari tindakan seperti dalam gambar
adalah…
A.
polusi udara yang dapat merusak
pernafasan
B. banjir yang dapat merusak pemukiman
warga
C.
pemandangan menjadi tidak indah
lagi
D.
tanah mengalami kekeringan
38.
Perhatikan data berikut!
1 |
Bakat yang
menunjang |
2 |
Dukungan finansial |
3 |
Fasilitas yang
serba mutakhir |
4 |
Ketabahan dalam
menjalani hambatan |
5 |
Status sosial yang
dimiliki orang tua |
Dari data
di atas, yang merupakan faktor pendukung tercapainya cita-cita adalah…
A.
no 1,2,3
B.
no 2,3,4
C. no 1,2,4
D.
no 3,4,5
39.
Dalam Gereja Katolik, perkawinan disebut sebagai
sakramen karena melambangkan hubungan antara Kristus dan Gereja-Nya. Dengan
hidup sebagai persekutuan yang didasarkan kasih, perkawinan memperlihatkan dan
melambangkan kasih Allah kepada manusia dan kasih Yesus kepada Gereja-Nya.
Salah satu tujuan perkawinan Katolik adalah pendidikan anak. Dampak positif
dari tujuan perkawinan tersebut adalah…
A. anak-anak yang dilahirkan dalam
keluarga Kristiani akan mendapatkan pendidikan iman secara kristiani
B.
dalam keluarga Katolik tidak akan terjadi
kekerasan dalam rumah tangga
C.
anak-anak yang dididik dalam keluarga Katolik
pasti menjadi anak-anak yang hebat
D.
pendidikan dalam keluarga Katolik
memungkinkan orang tua memiliki masa depan yang baik
40.
Cara hidup berkeluarga bukanlah satu-satunya
pilihan hidup. Selain hidup berkeluarga, masih ada panggilan hidup lainnya,
yaitu menjadi biarawan-biarawati. Kekhasan mereka adalah mengucapkan 3 kaul
yaitu kemurnian, ketaatan dan kemiskinan. Makna dari kaul kemiskinan adalah….
A.
biarawan-biarawati memiliki sikap hidup
seperti orang miskin
B.
kehidupan kaum biarawan-biarawati harus jauh
dari glamor/mewah
C. biarawan-biarawati perlu berani
melepaskan ketergantungan dari harta duniawi
D.
pada umumnya yang masuk menjadi
biarawan-biarawati adalah mereka yang berasal dari keluarga-keluarga miskin
SOAL URAIAN:
Jawab
pertanyaan-pertanyaan berikut pada lembar jawab yang tersedia!
41. Bacalah kutipan Kitab Kejadian 1 : 26
Berfirmanlah Allah: “Baiklah kita menjadikan manusia menurut
gambar dan rupa Kita, supaya mereka berkuasa atas ikan-ikan di laut dan
burung-burung di udara dan atas ternak dan atas seluruh bumi dan atas segala
binatang melata yang merayap di bumi.” |
Belajar dari kutipan Kitab Suci di atas jelaskan pengertian tugas manusia
sebagai Citra Allah!
42.
Bacalah kutipan Injil Lukas 17 : 11 - 17
Kesepuluh
Orang Kusta Dalam
perjalanan-Nya ke Yerusalem Yesus menyusur perbatasan Samaria dan Galilea.
Ketika Ia memasuki suatu desa datanglah sepuluh orang kusta menemui Dia.
Mereka tinggal berdiri agak jauh dan berteriak:
“Yesus, Guru, kasihanilah kami!” Lalu Ia memandang mereka dan berkata:
“Pergilah, perlihatkanlah dirimu kepada imam-imam.” Sementara mereka di
tengah jalan mereka menjadi tahir. Seorang dari mereka, ketika melihat bahwa
ia telah sembuh, kembali sambil memuliakan Allah dengan suara nyaring, lalu tersungkur di depan kaki
Yesus dan mengucap syukur kepada-Nya. Orang itu adalah seorang Samaria. Lalu
Yesus berkata: “Bukankah kesepuluh orang tadi semuanya telah menjadi tahir?
Di manakah yang sembilan orang itu Tidak adakah di antara mereka yang kembali
untuk memuliakan Allah selain dari pada orang asing ini?” Lalu
Ia berkata kepada orang itu: “Berdirilah dan pergilah, imanmu telah
menyelamatkan engkau.” |
Belajar dari kutipan Kitab Suci di atas berilah contoh tindakan yang
merupakan perwujudan ungkapan syukur atas anugerah yang diberikan Allah sesuai
dengan teks tersebut!
43. Baca
teks Kitab Suci berikut!
Ibrani 1:1-4 Setelah
pada zaman dahulu Allah berulang kali
dan dalam pelbagai cara berbicara kepada nenek moyang kita dengan perantaraan
nabi-nabi, maka pada zamaan akhir ini Ia telah berbicara kepada kita dengan
perantaraan Anak-Nya, yang telah Ia tetapkan sebagai yang berhak menerima
segala yang ada. Oleh Dia Allah telah menjadikan alam semesta. Ia adalah
cahaya kemuliaan Allah dan gambar wujud Allah dan menopang segala yang ada
dengan firman-Nya yang penuh kekuasaan. Dan setelah Ia selesai mengadakan
penyucian dosa, Ia duduk di sebelah kanan Yang Mahabesar, di tempat yang
tinggi, jauh lebih tinggi dari pada malaikat-malaikat, sama seperti nama yang
dikaruniakan kepada-Nya jauh lebih indah dari pada nama mereka. |
Berdasar
teks Kitab Suci di atas, jelaskan maksud Yesus Kristus sebagai pemenuhan janji
Allah!
44. Tuliskan 4 tindakan yang bisa dilakukan oleh remaja
sebagai perwujudan sikap peduli terhadap penderitaan sesama di lingkungan
keluarga!
45. Dalam
Gereja Katolik kita mengenal ada 5 tugas pelayanan Gereja. Sebut dan jelaskan