Welcome

Selamat Datang di Blog ini bersama R. Slamet Widiantono ------**------ TUHAN MEMBERKATI -----* KASIH ITU MEMBERIKAN DIRI BAGI SESAMA -----* JANGAN LUPA BAHAGIA -----* TERUS BERPIKIR POSITIF -----* SALAM DOA -----* slammy

Kamis, 13 Agustus 2020

BERIMAN dan BERAGAMA - MATERI KATOLIK 9

BERIMAN DAN BERAGAMA

Unsur Hakiki dari Agama adalah Wahyu dan Iman
Wahyu adalah pernyataan diri Allah terhadap manusia (Allah menyatakan diri-Nya kepada manusia). Unsur dari wahyu adalah mengenalkan/memperkenalkan, menunjukkan, menghadirkan Diri dan kehendak-Nya (datang, mendekat/melewat, mendekati, menyapa, menolong).

Agama adalah yang memiliki unsur dasar wahyu dan iman, tidak hanya dihayati secara personal tetapi juga secara kolektif (kebersamaan sebagai umat/jemaat, sehingga agama yang lembaga ini membutuhkan ungkapan-ungkapan yang obyektif (bisa dipahami dan diterima bersama) seperti : Hidup mengumat (jemaat), Ibadah (Ritual keagamaan), Ajaran, Pelayanan kemasyarakatan.

Pandangan Umum tentang Agama

Agama adalah sesuatu yang melekat dalam diri seseorang, berupa ungkapan dan perwujudan keyakinan pribadi yang menuntun seseorang pada keselamatan kini dan nanti di akhirat. Agama-agama yang ada dan diakui oleh negara Indonesia : Islam, Kristen, Katolik, Hindu, Budha, kepercayaan (agama asli).


Ada berbagai alasan/motivasi yang muncul saat manusia menganut suatu agama :

Mencari perlindungan (rasa aman) bagi hidupnya
Menemukan jawaban atas persoalan hidup
Menemukan arti/makna hidup
Sebagai pedoman dalam menentukan tindakan yang baik
Memuaskan kerinduan akan masa depan yang lebih baik
Tujuan manusia beragama :

Menemukan rasa aman ketika menghadapi kesulitan di dalam hidup
Untuk memperoleh arti hidup
Untuk pedoman dalam menentukan tindakan yang baik

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Natal Wirasabha 21